Penyebab baterai cepat habis :

  1. tingkat kecerahan yang berlebihan

Layar merupakan salah satu aspek yang terpenting pada perangkat ponsel. Bagian yang mendominasi bodi ponsel ini menyajikan tampilan visual dan membantu pengguna dalam berinteraksi. Oleh sebab itu, tak heran jika layar bisa menyedot daya baterai yang cukup besar. Untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa mencoba menurunkan tingkat pencahayaan layar.

  1. aplikasi terlalu banyak 

Terlalu banyak memasang aplikasi pada ponsel sangat memengaruhi pemakaian baterai jadi boros.

  1. usia ponsel sudah lawas

Semakin lawas usia ponsel, maka semakin berkurang juga performa kekuatan baterainya sehingga cepat habis.

  1. pengaruh pengisian daya portabel

Menggunakan pengisi daya portabel ketika situasi darurat boleh saja. Tapi, jika bergantung sepenuhnya pada power bank dapat memengaruhi performa baterai menjadi rendah.

  1. disimpan dengan suhu dingin

Baterai HP lithium-ion akan berhenti mengalirkan listrik apabila berada pada suhu dingin. Solusinya, Anda tetap harus mengupayakan bahwa ponsel tetap dalam suhu normal.

Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis :

  1. atur kecerahan dan refresh rate
  2. aktifkan pengaturan baterai

Langkah sederhana pertama yang bisa dilakukan yaitu mengaktifkan pengaturan baterai ponsel. Cara ini berguna untuk mengetahui besaran daya yang terpakai.

  1. kurangi aplikasi

Aplikasi yang terlalu banyak menjadi salah satu penyebab boros baterai. Oleh karena itu, Anda bisa mulai seleksi kembali aplikasi sesuai kebutuhan.

Aplikasi yang kurang penting atau jarang digunakan lebih baik dihapus supaya tidak berpengaruh pada kesehatan baterai.

  1. aktifkan mode hemat daya

Mode power-saving atau penghemat baterai merupakan fitur yang patut dijajal yang dapat memberi daya tahan baterai HP kamu menjadi lebih lama lagi. Dalam beberapa kasus, fitur ini mematikan fitur atau proses latar belakang, namun di satu sisi memastikan HP kamu masih bisa mendapatkan notifikasi pesan atau melakukan panggilan.

  1. aktifkan gps, wifi dan bluetooth jika tidak digunakan

Ada dua hal yang banyak orang aktifkan namun tidak sering atau jarang digunakan. Itu adalah GPS dan Bluetooth. Jika berbicara mengenai menguras daya, keduanya cukup menguras daya HP dan akan cukup terasa jika aktif terus menerus. Karenanya, disarankan untuk mematikan GPS dan Bluetooth jika keduanya tidak sedang digunakan. (AP)

Sumber : idntimes.com, kompas.com, cnnindonesia.com

Deneme Bonusu