Laptop seringkali menghadapi masalah dengan suara keras dan kinerja kipas yang lebih tinggi dari biasanya. Keadaan tersebut dapat membuat pengguna merasa tidak nyaman.

Namun, cara-cara untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya ada. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan :

1. Periksa suhu

Melansir Lifehack, Anda dapat mengunduh sebuah program yang dapat memonitor tingkat panas laptop, misalnya RealTemp. Aplikasi itu dapat melacak suhu prosesor pada laptop tanpa perlu membongkarnya.

2. Defrag

Anda dapat mendefrag laptop untuk menurunkan kecepatan kerja kipas laptop. Defragging semacam ‘pembersihan’ digital dari seluruh sistem yang ada di laptop.

3. Bongkar

Debu adalah salah satu penyebab dari bising dan meningkatnya kerja kipas laptop. Sehingga, Anda harus membuka sejumlah bagian pada laptop untuk membersihkan kipas secara langsung.

4. Oleskan pasta thermal

Bagi mereka yang tidak tahu, pasta termal sangat penting untuk menjaga dan mendinginkan CPU. Pasta termal “Platinum” seperti Artic Silver 5 dapat menjaga prosesor CPU Anda tetap dingin 0 hingga 20 derajat.

Suhu sekitar 0 hingga 20 derajat dapat membuat perbedaan, terutama saat laptop digunakan untuk bermain game, merender grafik, menggunakan perangkat lunak seperti Photoshop dan AutoCAD. Ketika terlalu panas, suara kipas akan menjadi lebih keras, kinerja laptop akan melambat, serta membuat laptop mulai macet dan hang.

5. Gunakan SSD

Solid State Drive (SSD) dinilai lebih baik dari Hard Disk Drive (HDD). SSD diklaim akan membuat perbedaan besar dalam kecepatan dan kebisingan kipas.

6. Gunakan Pendingin Laptop

Pendingin laptop adalah solusi untuk membuat kinerja kipas tidak berlebihan. Pendingin akan mengontrol suhu laptop, serta membuat laptop berfungsi dengan baik dan stabil untuk penggunaan sehari-hari.

Sumber : cnnindonesia.com (Tips Mengurangi Suara Bising dari Kipas Laptop)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Deneme Bonusu