Apa itu Android Studio?

Android Studio adalah Integrated Development Environment (IDE) resmi untuk pengembangan aplikasi Android. Berbasis editor kode dan alat developer yang andal dari IntelliJ IDEA.

Apa itu Intellij IDEA?

IntelliJ IDEA, sebuah IDE yang dikembangkan oleh Jetbrains. IntelliJ IDEA tersedia dalam 2 (dua) versi yaitu Community Edition dengan lisensi Apache 2 Licensed yang dapat digunakan secara gratis dan Ultimate Edition untuk penggunaan komersial.

Struktur Projek pada Android Studio

Setiap project di Android Studio berisi satu atau beberapa modul dengan file kode sumber dan file resource. Jenis modul meliputi:

  • Modul aplikasi Android
  • Modul library
  • Modul Google App Engine

Pada dasarnya Android Studio menampilkan file project di tampilan Android Project. Tampilan ini diatur dalam modul untuk menyediakan akses cepat ke file sumber utama proyek Anda. Semua file build terlihat di tingkat atas, di bagian Gradle Scripts.

Setiap Modul Aplikasi berisi folder berikut :

  • Manifes : Berisi file AndroidManifest.xml.
  • Java : Berisi file kode sumber Kotlin dan Java, termasuk kode pengujian JUnit.
  • Res : Berisi semua resource non-kode, seperti string UI dan gambar bitmap.

Sistem Build Gradle

Android Studio menggunakan Gradle sebagai dasar sistem build, dengan lebih banyak kemampuan khusus Android yang disediakan oleh plugin Android Gradle. Sistem build ini berfungsi sebagai alat terintegrasi dari menu Android Studio dan terpisah dari command line.

File build Android Studio diberi nama build.gradle.kts jika menggunakan Kotlin (direkomendasikan) atau build.gradle jika menggunakan Groovy. File tersebut adalah file teks biasa yang menggunakan sintaks Kotlin atau Groovy untuk mengonfigurasi build dengan hal-hal yang disediakan oleh plugin Android Gradle. Setiap project memiliki file build level teratas untuk seluruh project dan file build level modul terpisah untuk setiap modul. Saat Anda mengimpor project yang sudah ada, Android Studio secara otomatis menghasilkan file build yang diperlukan.

Sumber : Developers, Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Deneme Bonusu