Dijadwalkan akan launching pada 24 Juni, Windows 11 mulai memperlihatkan visual nya yang sangat ciamik! Di situs sosial media China, Baidu, beberapa gambaran bocoran dari Windows 11 Pro mulai beredar, mulai dari nomor build, tampilan desktop, hingga perkiraan bagaimana OS tersebut akan bekerja.

Screenshot of Windows 11's About page
Windows 11 ‘About this OS’ yang bocor menampilkan Windows 11 Pro. Sumber: Baidu

Windows 11 build 21996.1 ini terlihat pada Baidu pada hari Selasa (15/06), hal itu juga bersamaan dengan beredarnya Windows 11 disc image (ISO file).

Screenshot of the Windows 11 desktop
Tampilan desktop dari Windows 11 yang akan ditampilkan. Sumber: Hunter Rossi
Screenshot of the Windows 11 desktop showing the start menu
Tampilan menu widget dari Windows 11.

Hilangnya Live Tiles pada Start Menu, Microsoft ingin memberikan sentuhan minimalis namun elegan dengan versi terbarunya ini. Seperti berita yang beredar, bahwa Windows 11 ini adalah project Windows 10X yang gagal dikembangkan. Pada Start Menu, ia memiliki fitur Pinned Apps di bagian atas yang bisa kalian atur dengan bebas, dan dibawahnya terdapat fitur recommended yang menampilkan list aplikasi yang baru saja kalian gunakan. 

Menariknya, taskbar menu pada Windows 11 diletakkan pada bagian tengah dan tiap icon dibuat rounded atau sisi yang hampir bulat, hal ini terlihat seperti fitur MacOS yang memiliki ciri khasnya. Ini juga menambah efektifitas pada penggunaan efek animasi ketika windows dan aplikasi dibuka, ditutup, maupun dipindahkan. Dan tambahannya, touch gesture telah dikembangkan untuk membuat interaksi pergerakan pada interface lebih mudah dan intuitif.

Dan untuk taskbar Windows 11, hal yang baru diperlihatkan pada widgets yang digantikan oleh news and interest pada taskbar yang sudah diperlihatkan perubahannya sejak Windows 10. 

Screenshot of the Windows 11 desktop showing the directory viewer
Tampilan dari File Explorer pada Windows 11

Mirip dengan MacOS app Magnet, Windows 11 juga memiliki hal serupa yang dapat digunakan untuk built-in stack dan snap window management seperti minimize dan maximize. Secara otomatis, beberapa window akan diatur tata letaknya sesuai dengan format yang dapat kalian pilih pada grid pattern. 

Beberapa aspek dari Windows 11 interface juga tetap tidak berubah, tetap hal itu sangat diharapkan pada awal peluncuran. Overall, perubahan pada segi visualnya sangat kekinian dengan model minimalis dan elegan. Bagaimana? Apakah kalian berencana untuk migrasi ke Windows 11? (YR). 

Sumber: https://www.theregister.com/2021/06/15/windows_11_leak_microsoft/

Leave a Reply

one × 5 =