Maraknya penggunaan wifi di era digital saat ini, apakah penggunaan wifi berdampak bagi tubuh?

Di era dimana konektivitas internet merajalela saat ini, WiFi menjadi salah satu perangkat jaringan penghubung internet yang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Pasalnya mayoritas masyarakat era digital, membutuhkan internet untuk menunjang kebutuhan hidup mereka.

Apa itu WiFi dan Bagaimana Cara Bekerjanya?

WiFi merupakan sebuah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang radio yang dapat menyambungkan perangkat elektronik seperti komputer, ponsel, dan peralatan lain dengan internet.

Prinsip bekerja WiFi memiliki konsep yang serupa dengan perangkat nirkabel lainnya dimana gelombang frekuensi radio akan mengirim sinyal antar perangkat. Perangkat elektronik yang menggunakan WiFi dilengkapi adaptor yang dapat menerima data untuk dikirim menjadi sinyal radio. Selanjutnya sinyal tersebut dikirim ke perangkat penerima yang sering disebut sebagai router.

Adapun rentang frekuensi radio yang dipakai digunakan WiFi berada pada rentang 2,4 GHz hingga 5,9 GHz. Spektrum gelombang ini hampir serupa seperti yang dipakai microwave untuk memanaskan makanan. Frekuensi radio juga tergolong dalam spektrum elektromagnetik yang memancarkan radiasi.

Apakah Radiasi WiFi Berbahaya?

Tak jarang kita mendengar dampak yang negatif dari sebuah radiasi, entah paparan radiasi dari telpon genggam yang membahayakan otak atau radiasi sinar cahaya telpon yang kurang baik untuk mata. Radiasi WiFi tergolong sangat rendah dan masih bisa ditoleransi oleh tubuh. Jadi, radiasi pada WiFi tidak membahayakan kesehatan tubuh.

WHO (World Health Organization) pada situs resminya juga menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara radiasi WiFi dengan potensi kanker pada orang dewasa maupun anak-anak.

Sumber : teknologi.id (Dampak Radiasi WiFi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Deneme Bonusu